https://aceh.times.co.id/
Berita

Lengkapi Syarat Pemerintah Arab, 108 CJH Nagan Raya Aceh Divaksin Meningitis

Senin, 22 April 2024 - 19:49
Lengkapi Syarat Pemerintah Arab, 108 CJH Nagan Raya Aceh Divaksin Meningitis Salah seorang CJH asal Nagan Raya, Aceh, mengikuti cek kesehatan dan suntik vaksin meningitis di Puskesmas Jeuram, Senin (22/4/2024). (Foto: T. Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indoonesia)

TIMES ACEH, ACEH – Dalam rangka mencukupi persyaratan calon haji, 100 lebih Calon Jemaah Haji (CJH) di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, mengikuti pengecekan kesehatan terakhir yang diselengarakan di seluruh puskesmas kabupaten setempat, Senin (22/4/2024).

Pengecekan kesehatan yang diikuti oleh 108 calon jemaah haji kloter 08 dan dijadwalkan berangkat pada Juni 2024 mendatang tersebut, merupakan tahapan wajib yang dilakukan oleh jemaah sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah Arab.

Kepala Pukesmas Jeuram dr Oktaria Elisa mengatakan, tahapan yang saat ini dilakukan oleh petugas haji di Kabupaten Nagan Raya yakni penyuntikan vaksin meningitis yang dirancang khusus untuk mencegah infeksi meningitis, yaitu peradangan pada selaput pelindung otak dan sumsum tulang belakang.

Selain itu, tambah dr Oktaria, penyuntikan vaksin tersebut juga untuk mencegah para jemaah dari penyakit peradangan pada selaput otak, sehingga nantinya para jemaah tetap sehat dalam menjalankan ibadah haji.

“Untuk Puskesmas Jeuram ada 35 orang jemaah haji yang mengikuti penyuntikan vaksin, sedangkan untuk pemeriksaan fisik sudah dilakukan oleh dokter lainya,” ujarnya.

Sedangkan hasil pemeriksaan, lanjutnya, meskipun jemaah calon haji tahun 2024 ini mayoritas berusia lanjut, namun dari hasil cek kesehatan para jemaah semua layak berangkat pada 6 Juni 2024 medatang.

“Kita mengimbau kepada jamah jika ada keluhan tentang kesehatan agar cepat memberitahukan kepada petugas kesehatan agar bisa dilakukan penanganan medis demi kelancaran para jemaah nantinya,” pintanya.

Sementara itu, salah seorang calon jemaah haji Samsul Rizal mengatakan, seluruh calon jemaah haji yang tergabung dalam kloter 08 telah merampungkan sejumlah tes kesehatan sejak dua bulan yang lalu.

Untuk saat ini, setelah mengikuti berbagai rangkaian persyaratan, para calon jemaah haji sebanyak 108 orang asal Kabupaten Nagan Raya itu sedang menunggu jadwal tahapan selanjutnya, yakni pelaksanaan manasik haji.

“Sejak dua bulan lalu kami para jalemaah haji sudah melewati sejumlah pemeriksaan darah, jantung dan kesehatan lainya. Alhamdulillah semuanya baik, kini tinggal kami tunggu arahan untuk manasik haji di tingkat kabupaten,” ujarnya terkait pemeriksaan kesehatan CJH di Nagan Raya. (*)

Pewarta : T. Khairul Rahmat Hidayat
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Aceh just now

Welcome to TIMES Aceh

TIMES Aceh is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.