Berita

Diprediksi 138.508 Kendaraan Meninggalkan Jabotabek Hari Ini

Rabu, 05 Mei 2021 - 18:47
Diprediksi 138.508 Kendaraan Meninggalkan Jabotabek Hari Ini Ilustrasi penambahan volume Kendaraan di gerbang Tol Cikampek Utama. (Foto: Dokumentasi Korlantas Polri)

TIMES ACEH, JAKARTA – Menjelang diberlakukannya larangan mudik lebaran 2021 mulai Kamis (6/5/2021) besok, sebanyak 138.508 kendaraan diprediksi akan meninggalkan Jabotabek pada H-1 Rabu (5/5/2021) hari ini.

"Kami memprediksi adanya peningkatan volume lalin pada masa pengetatan mudik yang jatuh pada hari Rabu, 5 Mei 2021, dengan jumlah 138.508 kendaraan yang meninggalkan Jabotabek," kata Operation & Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Atika Dara Prahita, Rabu (5/5/2021).

Tita PaulinaDirektur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT Jasamarga Related Business Tita Paulina. (Foto: ANTARA/Edy Sujatmiko)

Angka itu merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Atika menambahkan, pihaknya memprediksi jumlah kendaraan keluar Jabotabek melalui gerbang tol utama pada periode 6-12 Mei 2021, atau H-7 sampai H-1 Idul Fitri 1442 H, sebesar 593.185 kendaraan yang melintasi GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Jumlah ini turun sekitar 35 persen dari lalu lintas normal. "Untuk prediksi volume lalin meninggalkan Jabotabek tertinggi akan terjadi pada 11 Mei 2021 (H-2) sebesar 109.327 kendaraan," jelasnya.

Menurutnya, Jasa Marga tetap siaga berupaya memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) serta selalu memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan pengguna jalan.

Selain itu, Jasa Marga mendukung upaya Pemerintah dalam pencegahan penyebaran COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan di seluruh aktivitas pelayanan jalan tol, termasuk di rest area.

Beberapa strategi pelayanan operasi Idul Fitri 1442 H dilakukan oleh Jasa Marga terdiri dari layanan lalu lintas, layanan transaksi, layanan konstruksi hingga layanan rest area.

Pihak Jasa Marga juga menyediakan lokasi posko kesehatan dalam rangka pelaksanaan random check sampling rapid test antigen di rest area, berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 Daerah.

"Adapun lokasi pelaksanaan kegiatan tersebut yang telah terkonfirmasi hingga saat ini berada di TIP (Tempat Istirahat dan Pelayanan/rest area) KM 519 B Jalan Tol Solo-Ngawi, TIP KM 57A Jalan Tol Jakarta-Cikampek, TIP KM 72A dan 88A Jalan Tol Cipularang," pungkas Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT Jasamarga Related Business Tita Paulina terkait mudik lebaran 2021 kali ini. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Aceh just now

Welcome to TIMES Aceh

TIMES Aceh is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.