Gaya Hidup

Cegah Sakit Saat Berpuasa, Inilah Tips Pola Makan yang Benar

Kamis, 06 Mei 2021 - 04:16
Cegah Sakit Saat Berpuasa, Inilah Tips Pola Makan yang Benar Ilustrasi makanan sehat. (Foto: Jane D./Pexels)

TIMES ACEH, JAKARTA – Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang sangat dinanti-nanti oleh umat di seluruh dunia, termasuk umat Islam di seluruh indonesia. Dan kebanyakan dari kita saat puasa tiba, seringkali tubuh meraskan tidak enak atau jatuh sakit. Hal itu dikarenakan pola makan yang kamu terapkan saat puasa salah dan tidak teratur.

Bahkan tidak sedikit orang yang sering meninggalkan waktu sahur mereka, yang menyebabkan tubuh terasa lemas saat beraktifitas.Agar tubuh tetap fit dan segar meskipun di bulan puasa, berikut adalah tips pola makan yang benar untuk cegah penyakit.

1. Hindari Makan Berlemak dan Berminyak

Di saat sahur maupun buka puasa datang, sebaiknya untuk menghindari makanan yang memiliki lemak yang tinggi dan berminyak. Karena makanan yang berlemak maupun yang berminyak dapat memicu terjadinya asam lambung sehingga dapat menimbulkan sakit mag.

Selain menghindari makanan yang berlemak, di usahakan juga saat sahur maupun buka puasa hindari makanan yang pedas dan juga asin agar mencegahmu terhindar dari sakit pada pencernaan saat puasa.

2. Makan Sayur dan Buah

Mengkonsumsi sayur dan buah saat sahur dan buka puasa, sangat baik untuk pencernaanmu dan juga baik untuk menjaga stamina kamu saat puasa loh. Sayuran dan buah mengandung banyak vitamin, mineral, dan juga zat besi yang dapat menghindari kamu dari penyakit.

Buah yang cocok kamu konsumsi saat puasa adalah semangka, mentimun, pir, melon, dan lain-lain, karena buah-buah ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga cocok untuk dikonsumsi saat puasa dan berbuka.

3. Sahur dan Berbuka dengan Menu Sehat

Menu yang sehat saat berbuka puasa maupun sahur merupakan kunci agar tubuh kamu tetap fit dan tidak sakit selama kamu menjalani ibadah puasa. Seperti contohnya karbohidrat, kamu harus bisa memilih karbohidrat yang lebih sehat dan juga tahan lama seperti, sereal, nasi merah, oat, kentang, roti gandum.

Sedangkan untuk kebutuhan protein kamu bisa memilih dada ayam, ikan maupun telur, yang memiliki kandungan protein tinggi yang baik untuk kesehatan kamu.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Selain pola makan yang di jaga kamu juga harus menjaga pola minum. Karena kebanyakan orang jika puasa menyepelekan minum air putih saat berbuka maupun saat sahur. Padahal air putih jika dikonsumsi sesuai dengan ajuran yang benar, kamu dspat terhindar dari dehidrasi saat puasa. (*)

Pewarta : Farahilah Maitsa Soraya (MG-350)
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Aceh just now

Welcome to TIMES Aceh

TIMES Aceh is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.