https://aceh.times.co.id/
Ekonomi

KKP Hadiahkan Puluhan Gill Net untuk Nelayan Nagan Raya Aceh

Jumat, 29 Maret 2024 - 21:23
KKP Hadiahkan Puluhan Gill Net untuk Nelayan Nagan Raya Aceh Nelayan di Nagan Raya, Aceh mendapat hadiah berupa gill net dari KKP, Jum'at (29/3/2024). (Foto: T. Khairul Rahmat Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMES ACEH, ACEH – Dirjen Perikanan Tangkap, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) menyalurkan bantuan Alat Penangkapan Ikan (API) berupa jaring insang (gill net) untuk nelayan di Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

Secara simbolis, bantuan tersebut diserahkan oleh Pj Bupati Fitriany Farhas yang diwakili Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Pangan (DKPP) Nagan Raya Azman kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Berkat Bersama, Gampong Kuala Tadu, Kuala Tadu, Kabupaten Nagan Raya, Jum'at (29/03/2024).

Pada kesempatan itu, Kepala DKPP Nagan Raya Azman menyampaikan rasa terima kasih kepada Dirjen Perikanan Tangkap KKP RI atas bantuan API gill net yang diberikan kepada kelompok nelayan yang tergabung dalam KUB Gampong Kuala Tadu.

Disebutkan bahwa, bantuan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membantu meningkatkan produktivitas hasil tangkapan ikan para nelayan yang kekurangan alat tangkap ikan di Nagan Raya, khususnya nelayan di Kuala tadu. 

"Bantuan yang kita serahkan hari ini merupakan hasil usulan dari Pemkab Nagan Raya kepada KKP RI. Alhamdulillah kita mendapatkan 136 set alat tangkap ikan. Di Aceh hanya dua kabupaten yang mendapatkan bantuan ini, yaitu Nagan Raya dan Pidie," ujar Azman.

Selain itu, Azman juga mengimbau agar kelompok nelayan dalam kerja sama harus saling mendukung, terutama yang menggunakan solar subsidi dengan menggunakan rekomendasi dari dinas agar benar-benar dipergunakan sesuai tempat dan kebutuhan.

"Kami berharap sekali kepada bapak-bapak nelayan yang menggunakan rekomendasi dari kami agar dapat mempergunakan BBM dengan sebenar-benarnya," katanya.

Di akhir amanatnya, ia juga mengimbau kepada masyarakat jika dalam pelaksanaan ada masalah atau kendala, diharapkan dapat diselesaikan secara bermusyawarah dan mufakat. Apalagi dalam mengais rezeki, pastinya juga harus sesuai dengan konteks dan aturan yang telah ditetapkan.

Sementara itu, Panglima Laot Nagan Raya Zainal Arifin sebagai perwakilan nelayan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah peduli terhadap nasib nelayan. Diharapkan, dengan adanya bantuan itu dapat menambah hasil tangkap nelayan.

"Perjuangan dan perhatian Pj Bupati Ibu Fitriany Farhas, Kadis DKPP, camat, serta semua pihak kepada nelayan patut diapresiasi. Semoga ini menjadi modal bagi kami untuk meningkatkan taraf perekonomian dan dapat menghapus kemiskinan ekstrem di Nagan Raya," ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Kelautan DKPP beserta para staf, Camat Tadu Raya, Panglima Laot Nagan Raya, Panglima Lhok, Imuem Mukim, Keucik Kuala Tadu, serta para warga nelayan Nagan Raya penerima manfaat. (*)

Pewarta : T. Khairul Rahmat Hidayat
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Aceh just now

Welcome to TIMES Aceh

TIMES Aceh is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.